5 Cara Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dengan Baik

5 Cara Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dengan Baik

VIVA â€“ Cara menyampaikan pendapat di muka umum harus diketahui oleh semua orang. Seperti diketahui, menyampaikan pendapat merupakan kebebasan yang dimiliki oleh setiap orang. Bahkan, hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD).

Dikutip dari laman resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh UUD 1945 dan Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia.

Kebebasan untuk mengemukakan pendapat ini merupakan perwujudan demokrasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dasar hukum tentang menyampaikan pendapat tercantum pada UUD 1945 Pasal 5 ayat (1), Pasal 20 ayat (1), dan Pasal 28.

UU yang mulai berlaku sejak 26 Oktober 1998 ini mengatur bentuk dan atau cara penyampaian pendapat di muka umum, dan tidak mengatur penyampaian pendapat melalui media massa, baik cetak maupun elektronika serta hak mogok pekerja di lingkungan kerja.

Nah, untuk menyampaikan pendapat di muka umum, terdapat sejumlah cara atau prosedur yang bisa dilakukan. Hal ini penting dilakukan guna meminimalisir dampak atau akibat yang ditimbulkan dari pendapat yang disampaikan.

Melansir laman resmi Polda Kepri, berikut ini 5 cara menyampaikan pendapat di muka umum dengan baik dan benar.

1. Memikirkan dulu apa yang akan disampaikan