Brimob se-Indonesia ke Jakarta cuma buat Perangi Rakyat, Cek Faktanya

Brimob se-Indonesia ke Jakarta cuma buat Perangi Rakyat, Cek Faktanya

VIVA   –  Pemilik akun Facebook Ry Chandra mengunggah sebuah foto yang memvisualisasikan anggota Polri yang memenuhi jalan di Jakarta. Unggahan dari pemilik akun Facebook Ry Chandra tersebut telah dibagikan ratusan kali.

Berikut narasinya:

“SUNGGUH MEMALUKAN DAN MIRIS SELURUHNYA NEGERI INI, PARA BRIMOB DARIPADA SELURUH PENJURU INDONESIA DIDATANGKAN KE JAKARTA HANYA UNTUK MEMERANGI RAKYATNYA”

Penjelasan

Dilansir turnbackhoax. id, setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencarian tulisan milik Google, terkait dengan konten yang ditampilkan dalam unggahan tersebut diketahui tidak mewakili konteks yang diberitakan. Foto pada unggahan itu diketahui merupakan cuplikan dari video aksi para anggota Brimob Polri setahun yang lalu yang menutup jalan di Jakarta saat mengemukakan yel-yel semangat yang berkobar-kobar di pengamanan aksi demo penolakan buatan penghitungan suara pemilihan Presiden Indonesia 21 dan 22 Mei 2019 lalu.

Kesimpulan

Berdasarkan pada seluruh referensi dengan ada, klaim foto aksi anggota Brimob yang memerangi rakyat itu termasuk hoaks dengan kategori konten yang salah.