Bulan Bergoyang, Banjir Besar Menerjang Bumi

Bulan Bergoyang, Banjir Besar Menerjang Bumi

VIVA â€“ Bulan bergoyang atau adanya sedikit perubahan pada orbitnya ternyata akan berdampak pada Bumi. Guncangan kecil pada Bulan saat ini menjadi kekhawatiran bagi para ilmuwan, khususnya efek yang akan terjadi di masa depan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Nature Climate Change pada Juni tahun ini melaporkan bahwa para ilmuwan menyebut pada 2030 goyangan tersebut akan memiliki efek cukup besar pada tarikan gravitasi Bulan dan berdampak pada naiknya permukaan laut di Bumi.

Kota-kota pesisir di sekitar Amerika Serikat (AS) akan berubah drastis karena meningkatnya intensitas banjir. Perubahan iklim telah menyebabkan naiknya permukaan laut global dalam dua cara, yakni pemanasan air menyebabkan volume lautan meluas dan peningkatan gletser serta lapisan es mencair.

Melansir dari situs CNET, Jumat, 16 Juni 2021, untuk kota-kota dataran rendah yang sudah menghadapi risiko banjir air pasang atau banjir rob, Bulan bergoyang dapat menimbulkan kerusakan dan kekhawatiran yang signifikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.