Genap 32 tahun, Begini Perjalanan Karier G-Dragon Big Bang

Genap 32 tahun, Begini Perjalanan Karier G-Dragon Big Bang

VIVA   –    Kwon Ji Yong atau G-Dragon hari ini genap berusia 32 tahun. Ulang tahun rapper dari Big Bang ini kemudian menjadi trending topik twitter, sejumlah penggemar tampak mengucapkan doa dan harapan untuk G-Dragon alias GD.  

Tidak hanya itu sekadar, leader Big Bang, Taeyang juga tampak mengunggah foto masa kecil dirinya bersama G-Dragon. Terlihat dari unggahan itu, G-Dragon yang mengenakan kekacauan dan topi terbalik merangkul Taeyang.

Dalam unggahan itu, Taeyang memberi caption emoticon kue kembali tahun, tanda hati hingga mercon ulang tahun.   Genap berusia 32 tahun, berikut ini napak tilas karier dari G-Dragon Big Bang alias   Kwon Ji Yong.

Debut di acara anak-anak

G Dragon diketahui sempat menjadi bagian dibanding acara Bbo-Bbo-Bbo yang tayang dalam stasiun MBC yang tayang sejak tahun 1981. Bbo-Bbo-Bbo sendiri adalah acara Sesame Street versi Korea yang didesain untuk “pendidikan elit” anak-anak usia 3-4.   Program gres ini mencakup pelajaran bahasa Inggris dan sains. Dalam acara tersebut, G-Dragon tampil bersama Shin Berlarut-larut Super Junior.

Baca juga:   Survei Terbaru: 92 Persen Pelajar Kesulitan Belajar Online

Pernah tergabung dalam grup musik saat kecil

Kwon Ji-yong memulai kariernya di dalam usia enam tahun sebagai arah dari grup Little Roo’Ra. Setelah merilis album Natal, kontrak grup tersebut diakhiri oleh perusahaan rekaman mereka, yang membuat G-Dragon terjaga.

Sempat menjelma trainee SM Entertainment

G-Dragon diketahui sempat mendaftarkan kontes menari pada usia 8 tahun. G-Dragon diketahui sempat melakukan masa trainee selama 5 tahun di   SM Entertainment semasa pindah ke YG Entertainment & menghabiskan 6 tahun lagi di YG Entertainment untuk trainee. Selama tahun pertamanya di YG, tugasnya memberikan air untuk artis serta membersihkan studio.  

Debut bersama Big Jalan

Setelah enam tahun menjalani masa pelatihan dalam YG Entertainment, G-Dragon debut bersama-sama BIGBANG di tahun 2006. Bergandengan BIGBANG dan personel lainnya, Taeyang, Daesung, T. O. P, dan Seungri mereka debut dengan album Bigbang Vol. 1.

Sejumlah single dalam album itu menjadi hits sebut saja   “Lies”, yang menduduki puncak tangga musik Korea dan memecahkan rekor enam kali berturut-turut   & memenangkan Song of the Year dalam Mnet Km Music Festival tahun 2007 dan   Seoul Music Awards pada 2008.

Setelah memenangkan Artist of the Year di Mnet Korean Music Kegiatan 2008 dan Seoul Music Awards 2008, grup ini merilis 4 album studio Jepang antara asing Big Bang tahun 2009, Big Bang 2 tahun 2011, Alive (2012), dan Made Series (2016) dan semuanya mendapat sertifikasi aurum oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang.

Baca juga:   Selain Virus Corona, Pneumonia Mampu Berasal dari Kotoran Burung

Solois

Setelah tiga tahun debut bersama Big Bang, G- Dragon akhirnya mengeluarkan album solo pertamanya Heartbreaker pada 2009. Albumnya pun sukses dan menjadi album terlaris oleh solois Korea pada era itu.  

Albumnya itu juga memenangkan Album of the Year di 2009 Mnet Asian Music Awards. Setahun setelahnya, G-Dragon berkolaborasi dengan T. O. P Big Bang untuk merilis album GD & TOP pada 2010.

Sejumlah penghargaan pula diraihnya ketika merilis sejumlah album solo. Beberapa diantaranya adalah The EP earned Record of the Year di ajang   Seoul Music Awards tahun 2013, Artist of the Year pada ajang Mnet Asian Music Awards pada 2013.  

Extended play pertamanya yang berjudul One of a Kind yang rilis pada 15 September 2012 mendapat posisi pertama dalam Billboard World Album Chart and hadir dalam Billboard 200 Chart di posisi 161.  

Dinobatkan sebagai orang memutar berpengaruh

G-Dragon dinobatkan oleh Forbes sebagai karakter paling berpengaruh di bawah usia 30 tahun di dunia per dan olahraga se-Asia pada tarikh 2016 lalu. G-Dragon telah menulis atau ikut menulis 23 lagu nomor satu di Gaon Digital Chart (setara dengan Billboard Hot 100), yang sebagian besar juga dia produksi bersama.  

Menjadi produser

Tahun 2014 G-Dragon menjadi produser untuk sejumlah ilustrator naungan YG Entertainment. G Dragon diketahui menulis lagu “Good to You” dari album 2NE1, berjudul Crush .   Dia juga bekerja dengan Taeyang di album keduanya Rise , menulis dan memproduksi single utama “Ringa Linga” dan “Stay With Me”.  

Menjalani wajib tentara

Usai melakukan konser tur dunia keduanya, G-Dragon menjalani masa wajib militernya pada 27 Februari 2018. GD mendalam dalam kamp pelatihan Divisi Infanteri ke-3 di provinsi Gangwon sebagai prajurit tugas aktif, di mana ia menyelesaikan masa wamilnya di dalam 26 Oktober 2019, setelah menyelesaikan persyaratan.  

Kolaborasi dengan aparel kenamaan

Pasca menyelesaikan perintah wajib militernya, G-Dragon ini diketahui melakukan kerja sama dengan kongsi sepatu kenamaan Nike. Hari itu pihak Nike mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan G- Dragon.

Pada 4 November, Nike mengumumkan menghadirkan Nike’s Air Force 1 PARA-NOISE (AF1 PARA-NOISE) yang merupakan kolaborasi dengan G-Dragon.