Jerawat di Punggung Bikin Bete, Yuk Ikuti 7 Tips Mengatasinya

Jerawat di Punggung Bikin Bete, Yuk Ikuti 7 Tips Mengatasinya

VIVA â€“ Jerawat dapat terjadi pada usia berapa pun karena berbagai alasan dan juga muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk punggung. Walaupun terlihat gampang, ternyata kebutuhan kulit badan setiap orang pun berbeda-beda, khususnya untuk yang memiliki kulit badan yang mudah berjerawat. 

Merawat kulit badan kadang terlupakan oleh banyak orang. Padahal, jerawat tak hanya muncul di wajah tapi juga dapat muncul di area tubuh lain seperti punggung, dada, lengan, dan bagian tubuh lainnya. Jerawat terbentuk ketika sebum ekstra dan sel-sel kulit mati menumpuk. 

Penumpukan ini memblokir pori-pori kulit dan bakteri. Saat dinding folikel rambut membengkak, terbentuklah jerawat whitehead. Saat pori-pori tersumbat terkena udara, jerawat komedo terbentuk.

Pemicu Jerawat di Punggung

Penyebab munculnya jerawat di badan pun tidak berbeda dengan penyebab munculnya jerawat di wajah. Apa saja penyebabnya? Berikut 5 penyebabnya dikutip dari laman Healthline.

  1. Genetika. Masalah jerawat bisa terjadi dalam keluarga Anda.
  1. Obat-obatan. Jerawat dapat berkembang sebagai efek samping dari beberapa obat seperti antidepresan tertentu.
  1. Hormon. Perubahan hormon pada masa remaja seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tetapi bagi wanita yang telah melewati masa pubertas, wabah jerawat dapat dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi dan kehamilan.
  1. Keringat. Keringat, terutama jika terperangkap di bawah pakaian ketat, dapat memperburuk jerawat.
  1. Stres. Stres bukanlah penyebab langsung jerawat, tetapi bisa menjadi faktor penyebabnya.