KPID Jakarta Ungkap Peran Penyiaran Dorong Pemulihan Ekonomi

KPID Jakarta Ungkap Peran Penyiaran Dorong Pemulihan Ekonomi

VIVA   –  Dalam rencana memperingati Hari Penyiaran Nasional ke-88 yang jatuh dalam 1 April 2021, Premi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta mengangkat tema peringatan hari ini “Penyiaran Mendorong Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi”. Wakil Ketua KPID DKI Jakarta, Rizky Wahyuni menjelaskan alasan tema tersebut dan apa relevansinya secara kondisi bangsa.

“Saat ini setelah dimulainya vaksinasi nasional dan berkurangnya jumlah penderita COVID-19, menimbulkan kembali optimisme akan bangkitnya ekonomi Indonesia. Pariwisata mulai bergeliat dan ekonomi mulai bangkit. Tentu bangkitnya ekonomi ini tidak terlepas sejak peran penyiaran. Kami sangat optimis ekonomi Indonesia terbit lewat penyiaran, ” kata pendahuluan Rizky dalam keterangan tertulisnya pada Kamis 1 April 2021.

Lembaga penyiaran baik televisi serta radio pada masa pandemi COVID-19 dianggap telah berperan memberikan informasi kepada masyarakat. Termasuk menyampaikan informasi implementasi prosedur kesehatan (prokes) dalam masyarakat secara masif dan reguler.  

“Selain itu lembaga penyiaran saat itu membantu mengangkat informasi tentang potensi usaha terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) maupun sektor riil lain dan potensi wisata new normal yang dapat membangkitkan perekonomian masyarakat pascapandemi di dalam berbagai bentuk program pancaran, ” ujar Rizky yang juga membidangi soal perlindungan isi siaran di KPID DKI Jakarta.