Lembaga Pendidikan Non-Islam Juga Dapat Dana Hadapi COVID-19

Lembaga Pendidikan Non-Islam Juga Dapat Dana Hadapi COVID-19

VIVA   –  Pemerintah sudah memberikan dana bantuan untuk bertemu dampak COVID-19 bagi pesantren dengan mencapai Rp2, 59 triliun. Institusi pendidikan dari agama lain pula akan mendapat  dana serupa.

Direktur Anggaran Bidang Pendirian Manusia dan Kebudayaan Kementerian Keuangan, Purwanto, mengatakan dana bantuan yang serupa dengan itu juga terkuak bagi lembaga pendidikan dari petunjuk lain.

Dia mempertontonkan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sejumlah Rp10, 5 miliar untuk Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen supaya bisa diberikan bagi 300 lembaga yang serupa dengan pesantren pada agama itu.

“Apakah ini hanya buat agama Islam? Tidak. Kami telah alokasikan Rp10, 5 miliar untuk 300 lembaga pendidikan di Bimas Kristen, ” katanya saat konferensi pers, Kamis, 16 Juli 2020.

Baca: Oleh karena itu Klaster Baru Corona, Pondok Gontor Kurangi Jam Belajar Santri

Namun begitu, dia menekankan, dana bantuan juga kudu dimanfaatkan untuk operasional maupun internet sebagaimana yang diwajibkan di pondok. Misalnya, untuk fasilitas kesehatan serta kebersihan maupun pendidikan secara daring atau online.

Untuk agama lainnya masih menunggu surat dan data dengan lengkap mengenai jumlah lembaga pelajaran keagamaannya yang mengharuskan siswa-siswinya pula menginap di lokasi. “Nah, tersebut kita masih menunggu surat sebab bimas-bimas lain, ” ujarnya. (ren)