Vaksinasi COVID-19 Tahap I, Ridwan Kamil Minta Jatah 3 Juta Jumlah

Vaksinasi COVID-19 Tahap I, Ridwan Kamil Minta Jatah 3 Juta Jumlah

VIVA   –  Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil menyatakan, pihaknya mengajukan 3 juta dosisi vaksin COVID-19 buat Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Tanah air Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi (Bodebek). Pengajuan ini dilakukan karena Bodebek menjadi daerah preferensi dalam vaksinasi COVID-19 yang dimulai pada akhir tahun 2020.

Ridwan Kamil mengatakan, vaksinasi akan dilakukan pemerintah pusat di tutup tahun harus dimanfaatkan maksimal bagi wilayah Bodebek. Rencananya akan ada sembilan juta dosis vaksin corona yang ditargetkan tahap I.

Baca juga:   OJK Klaim Pasar Modal Indonesia Mulai Pulih, Ada Tapinya

“Jawa Barat mengajukan kurang lebih tiga juta vaksin buat Bodebek, ” ujar Ridwan Lengkap di Bandung, Senin, 19 Oktober 2020.

Selain penyampaian, pihaknya juga berancang-ancang untuk menanggung warga miskin  non-BPJS untuk pembiayaan vaksin COVID-19. Sehingga, penyebaran virus corona di Jabar bisa diredam.

Lebih lanjut,   Ridwan Kamil menuturkan, peta sebaran COVID-19 di Jawa Barat menunjukkan progres baik dengan adanya penurunan wilayah zona merah. Sebelumnya, kota-kota besar seperti Kota Bandung, Depok, Bandung Barat dan Kabupaten Kuningan dinyatakan zona merah.

“Alhamdulillah zona merah sekarang hanya dua, sempat tujuh, lima, tiga. Sekarang zona merah yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon, ” ujarnya.

Menurutnya, konsistensi tracing ke berbagai klaster dan pengendalian penerapan protokol kesehatan tubuh, menjadi salah satu cara ampuh memutus mata rantai penularan COVID-19 sebelum adanya vaksin.

“Mudah-mudahan dengan metode kita, kawasan merah bisa nol karena Bodebek sudah konsisten selama tiga minggu, ” katanya. (ase)